Pengakuan Prabowo Sudah Kantongi Cawapres, Erick Thohir?

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto mendampingi agenda Kunjungan Kerja Presiden RI Joko Widodo dalam acara Istighosah dan Doa Bersama Rabithat Melayu Banjar di Tabalong, Kalimantan Selatan, Jumat (17/03/2023). (Dok. Tim Media Prabowo Subianto)

Bakal calon presiden dari Partai Gerakan Indonesia Raya Prabowo Subianto mengeklaim sudah memiliki sosok bakal calon wakil presiden yang akan mendampinginya dalam Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2024. Klaim itu disampaikan Prabowo di hadapan para kader se-Sumatra Barat di Batusangkar, Sabtu (29/4/2023) malam.

Cawapres sudah di kantong saya. Kalian mau tahu? Kriteria wakil presiden adalah warga negara Indonesia. Mau lagi? Mau kisi-kisi? Dia kalau tidak pria, dia kalau tidak perempuan,” ujarnya.

“Masih perlu lagi? Pada saatnya akan diumumkan. Kalau cepat diumumkan, tidak ada seru. Politik harus dibikin seru, tapi indah. Jangan dibikin tegang, santai saja,” lanjutnya.

Ketua Umum Partai Gerindra itu mengatakan, yang utama adalah bangsa Indonesia sejuk dan rukun. Ia pun mengingatkan kalau Gerindra tidak boleh sombong.

“Semakin kita berisi, semakin kita merunduk. Selalu menghormati orang,” kata Menteri Pertahanan RI itu.

Sebagai catatan, Prabowo telah menjadi capres Gerindra melalui rapimnas partai di Sentul International Convention Center, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, Jumat (12/8/2022). Kendati demikian, sosok cawapres bagi Prabowo hingga saat ini masih misteri.

Namun, dalam sejumlah kesempatan, Prabowo mengaku sudah menetapkan kriteria cawapres pendampingnya. Dia bahkan disebut sudah mengantongi sosok cawapres.

“Kriterianya yang paling utama adalah dedikasi kepada rakyat kemudian komitmen kepada pancasila UUD NKRI Bhineka Tunggal Ika. Itu yang paling utama kan. Tentu ya kapasitasnya, kredibilitas, integritas dan hasil surveinya lumayan ya kan,” tuturnya.

Sejumlah nama pendamping Prabowo pun menguat di antaranya Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan Menko Polhukam Mahfud MD.

Sosok lain adalah Menteri BUMN Erick Thohir. Erick merupakan cawapres dengan elektabilitas tertinggi dalam sejumlah survei.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*